Jumat, 25 Januari 2013

Apa itu Captcha? Fungsinya?

Guys, kalian pasti pernah nemuin Captcha.. Captcha itu tulisan yang mereng2 plus gajelas itu loh.. biasanya kalian nemuin itu jika kalian akan download sesuatu atau membuka suatu link tertentu..
CAPTCHA atau yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turning test to tell Computers and Human Apart (panjang yah -__-) adalah sejenis kaedah challenge-respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Dengan arti kata lain, CAPTCHA adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti Gmail, Yahoo, Facebook, Twitter dan masih banyak lagi.

Setiap pengguna internet akan membpunyai pengalaman CAPTCHA dan mereka terpaksa menempuh walaupun sangat menyusahkan >_< tetapi, tidak semua menyadari tentang penggunaan kaedah ini, ya .. mereka cuma ngisi2 aja.. So, kali ini aku mau ngasih tau fungsi2 dari captcha ini :)

Fungsi :
Captcha sigunakan teruramanya untuk mengelakkan perisisan automatik (bot) dari melakukan tindaan sama seperti manusia melakukan sign up atau login dan sebagainya. Misalnya ketika sign up akun e-mail baru, anda akan menemui captcha dibagian bawah sign up,ini sebenarna untuk memastikkan bahwa form tersebut hanya boleh diisi oleh manusia dan bukannya perisiian automatik atau komputer bot. Coba kalian bayangkan adalah mustahil bagi bot untuk meneka tepat captcha yang dihasilkan. jika kaedah ini tidak digunakan, maka bertambah banyaklah akun yang dihasilkan oleh bot.

Fungsi dari CAPTCHa sendiri bisa juga diartikan untuk menguji kebenaran dari suatu jawaban yang soalnya diberikan oleh computer yang berupa angka dan huruf, tujuan captcha adalah untuk membedakan apakah jawaban itu dari komputer aau manusia.

Captcha bisa juga disebut sebagai uji turing balik, karena dikelola oleh mesin dan di tujukan untuk manusia, captcha juga berfungsi untuk memfilter dan menolak bentuk kejahatan di dunia maya (walaupun sampe sekarang masih banyak kejahatan di dunia maya -__-) , terutama dalam proses pengujian terhadap suatu password dan pemfilteran virus dan scam di suatau website, situs atau e-mail.

CAPTCHA kadang kala sangat annoying dan mungkin menyebabkan pengguna malas untuk sign up suatu form. jika kalian adalha developer sistem, maka captcha mesti digunakan kaarena memiliki kemampuan untuk melindungi sistem daripada serangan berbahaya dimana hackers/crackers akan mencoba mempermainkan sistem kalian dengan menciptakan perisian atau sebuath program yang bisa sign up secara otomatis untuk menghasilkan sejumlah kuantiti akun tertentu malah mungkin jumlah yang infiniti sehingga menyebabkan beban yang sangat tinggi pada pelayan target. ini secara tidah langsung menurunkan kualiti perkhidmatan sistem tertentu.

nah.. itu penjelasannya temen2.. udah ya, capek ngetik ._.v semoga bermanfaat dan salam dari mbak yu BLOGGER! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar