Jumat, 08 Februari 2013

Jenis-jenis E-mail, kelebihan dan kekurangannya ^^ !

Hai Guys!! ^^

kali ini, aku mau nge post tentang Jenis-jenis E-mail, kelebihan dan kekurangannya :) disamping itu, postingan ini juga untuk nambah nilai TIK di sekolah.. yup! ini tugas yang dikasi oleh ms. Mega ;) so, Do it well :)

okeh, tugas yang disuruh adalah nge-Post tentang jenis-jenis e-mail, kelebihan dan kekurangannya :D

so, Let's Cekidot!

Jenis-jenis Email

1. POP Mail :)

POP mail adalah jenis e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita. POP-Mail singkatan dari Post Office Protocol Mail. Dari singkatannya sudah kelihatan kalau ini merupakan "mail" yang berbasis "kantor pos". Maksudnya kita mengirimkan surat, menggunakan mediator/distributor yang akan menampung surat-surat tersebut, dan nantinya akan diterima sang penerima. Bedanya dengan web-mail (contoh gmail, yahoo mail, dll) surat tidak langsung tersedia, kita perlu mendownload surat itu tersebut menggunakan software tertentu.

Nah, kelebihan dari POP mail adalah :)

Surat-surat kita lebih terjamin keamanannya guys, juga dapat terhindar dari spam, dan apalah teman-temannya itu. Jadi untuk yang suka surat yang isinya ada rahasia-rahasianya, enak pakai yang ini aja. Selain itu untuk melihat surat-surat yang kita terima, tidak harus selalu online (tersambung dengan internet). Kita hanya perlu mendownload surat-surat yang kita terima dalam sekali waktu. Is that Right? you can try ;)

Sedangkan kelemahannya adalah :(

Kelemahannya adalah kita perlu menggunakan software khusus. Software ini digunakan untuk mengelola surat-surat kita. Masalahnya, kalau namanya software, tidak semua komputer pasti punya kan? Jadi kita tidak bisa mengakses POP-Mail kita disembarangan tempat. Selain itu, POP-Mail kebanyakan juga ada tarifnya (tapi sekarang sudah banyak yang gratis juga).

2. Web Based Email (email berbasis web)

Web based e-mail adalah jenis layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. nggak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara kayak gitu.

Kelebihan WBE adalah :)

Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail bisa diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet. :)
WBE nggak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs webnya.

Sedangkan kelemahannya adalah :(

Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus guys atau kan gagal.. tetoooot!!!, E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail. Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja. Jadi harus extra hati2 ya guys -_-

3. E-mail Forwarding :) !!

Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi kalian yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email kalian yang lain guys :)

Kelebihan e-mail forwarding adalah :)

Kalian bisa menyembunyikan alamat email kalian yang sesungguhnya. Selain itu kalian juga nggak perlu memberi tahu email kalian yang baru (jika sering gonta-ganti email). Yang kalian berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

Kelemahannya adalah :(

Karena bersifat sebagai perantara, email ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat kalian... jadi lelet kayak sipuuutt :(

okedeh guys :) segitu ajah.. semoga berguna bagi kalian yang udah visit blogku dan SALAM BLOGGER !! :) byeeee~

2 komentar: